Rabu, 06 Januari 2010

Artikel Manajemen Proyek

MANAJEMEN PROYEK
Pembangunan Gedung dan Menara



Gedung – Gedung pencakar langit menjulang di perkotaan. Menara tertinggi tanpa penyangga ialah CN TOWER (553 m) di Toronto, Kanada, Gedung perkantoran tertinggi ialah Sears Tower (443 m) di Chicago, Amerika Serikat. Bagaimana bangunan-bangunan tersebut itu bisa tetap berdiri tegak ? Rumah mempunyai dinding dari kayu, batu, atau batu bata. Dinding menegakkan rumah dan juga menompang latai, atap, serta dinding itu sendiri. Pencakar langit akan roboh jika dibangun seperti rumah. Dinding tak mampu menyangga beban gedung tinggi. Karena itu, gedung pencakar langit diberi rangka dari baja atau beton, yang menompang langit dan dinding yang terbuat dari kaca. Yang juga tersembunyi adalah fondasi di bawah pencakar langit, yang menompang beban seluruh gedung.


Lokasi Pembangunan

Para pekerja di lokasi pembangunan selalu memakai topi kuat untuk melindungi kepala. Mereka menggunakan banyak mesin untuk menbangun gedung tinggi. Penunjang gedung seperti tiang baja dan pelat beton, dibuat di tempat lain lalu dibawa ke lokasi. Derek mengangkat penunjang ini ke tempatnya dan para pekerja menyatukannya.

Bahan Bangunan

Sejak dahulu orang telah membangun dengan kayu, batu, dan batu bata dari tanah liat. Batu dan batu bata disusun dan direkatkan dengan pasir dan semen. Kayu dipotong sesuai dengan kebutuhan, lalu dipasang pada bangunan. Beton yang dibuat dengan mencampur pasir, batu, semen, dan air, bisa dibentuk menjadi bangunan apa pun.


sumber : buku ensiklopedi populer

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda