Minggu, 27 Februari 2011

Model Mesin Perangkat HandPhone

Tugas Pemograman sistem

Model Sistem Komputer :
-Model Mesin yang menggambarkan ciri Hardware
-Model Sistem Operasi menggambarkan ciri arsitektur sistem operasi yang digunakan

Model Mesin Komponen Utama :
-Storage Unit
-CPU
-IO subsystem

Didalam perangkat handphone banyak komponen yang digunakan  seperti : Transistor, IC (Intergrated Citcuit), Dioda, dan sebagainya. Untuk dapat mengerti bekerjanya rangkaian pada  perangkat handphone maka harus dipelajari sifat dari komponen-komponen yang penting. Pada bab ini akan dibicarakan komponen-komponen yang terdapat pada perangkat handphone secara garis besar dan bekerjanya rangkaian yang penting.Komponen yang terdapat pada perangkat handphone dapat di klasifikasikan menjadi dua bagian, yaitu komponen internal dan external. tapi di bawah ini yg saya ingin jelaskan hanya kelompok Internalnya saja .


a. Komponen Internal

1. resistor
2. IC
3. Transistor
4. Kapasitor








1. Resistor
Tahanan listrik dalam bidang elektronika disebut juga resistor atau resistence. Dalam bahasa Belanda dikenal dengan nama Werstand.

2. IC (Intergrated Circuit).
Perkembangan teknologi elektronika telah berkembang dengan pesatnya. Hal ini ditandai dengan bermunculannya produk-produk baru yang disebut Intergrated Circuit (IC). Komponen IC tersebut dibentuk dari beberapa macam komponen dirangkai menjadi satu rangkaian yang terintergrasi dalam bentuk sebuah chip. Dengan memasang beberapa buah komponen IC telah memungkinkan seseorang dapat menciptakan suatu perangkat elektronika yang moderen seperti computer dan yang lainnya.

IC yang terdapat dalam tipe HP Nokia  :

* CCONT

IC CCONT terdapat pada ponsel nokia type lama seperti:3310,8210,2100. pada IC tersebut merupakan gabungan subsistem: Power Supply Booster Sim Card

* COBBA
IC COBBA terdapat pada ponsel nokia type lama seperti:3310,8210,2100. pada IC ini terdapat SubSistem DSP (Digital Signal Proccesor) yang meliputi: Multy Mode Converter (A/D-D/A Converter) Audio Proccesor

* Hagar

IC Hagar terdapat pada ponsel nokia type lama seperti:3310,8210,2100. pada IC ini terdapat SubSistem Proccesor RF (Buffer) Komponen Eksternal

3. Transistor

Transisitor pada umumnya dipergunakan sebagai penguat atau amplifier. Seperti juga halnya dengan dioda, transistor juga dibuat dari bahan germanium, silicon dan indium. Transistor sendiri sebenarnya adalah hasil pengembangan dari 2 buah dioda jenis PN dan NP yang dipertemukan sehingga akan membentuk elektoda yang berfungsi sebagai pengontrol pertemuan antara bahan PN dan NP tersebut.

4. Kapasitor

Kondensator adalah termasuk salah satu komponen pasif yang banyak dipergunakan dalam rangkaian elektronika. Kondensator dalam bidang elektronika disebut juga kapasitor atau condenser.
Tujuan penggunaan kondensator dalam suatu rangkaian elektronika adalah dengan maksud: Sebagai kopling antara rangkaian yang satu dengan yang lainnya (pada rangkaian Power Supply) Sebagai filter dalam rangkaian Power Supply. Sebagai pembangkit frekuensi dalam rangkaian antenna. Menghilangkan bouncing (loncatan api) bila di pasang pada saklar.


sekian penjelasan dari saya menggenai komponen internal dalam media handphone, semoga bermanfaat dan bergunaa. jika ada salah kata kurang lebihnya mohon maaf. sekian dan terima kasih



sumber :

karmila.staff.gunadarma.ac.id/.../Tayangan+Pengantar+Pemrograman+Sistem.pdf
http://nabilarik.blogspot.com/2010/02/komponen-komponen-hp.html
http://www.acehforum.or.id/showthread.php/27065-Pengenalan-Komponen-komponen-pada-Telepon Seluler

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda