Minggu, 30 Mei 2010

Bulan




Tetangga terdekat kita di angkasa luar adalah bulan. Benda ini mengorbit atau mengelilingi bumi. Suhu permukaan bulan mencapai 115 C di siang hari dan -160  di malam hari. Di bulan tak ada air sehingga di sana juga tak ada tumbuhan dan hewan. Bulan sebenarnya tak bercahaya , tapi kita dapat melihatnya karena memantulkan cahaya matahari. Bulan adalah satelit (benda yang mengelilingi planet atau bintang). 

Terbentuknya Bulan 
Ada banyak teori tentang proses terbentuknya bulan. Dulu para ilmuan menduga bahwa tadinya bulan merupakan bagian dari bumi dan keduannya kemudian terpisah jutaan tahun lalu. Namun sekarang para astronom yakin bahwa bulan dan bumi terbentuk dari awan gas dan debu yang sama pada waktu yang bersamaan yaitu, sekitar 4,5 miliar tahun lalu.

Fase-Fase Bulan 
Dari bumi bulan nampak dalam berbagai bentuk yang berbeda, yang disebut fase bulan. Hal ini tergantungnya pada besarannya bagian bulan yang dapat terlihat dari bumi karena disinari oleh matahari. 

Pendaratan di Bulan 
Tahun 1966 sebuah pesawat angkasa luar Uni Soviet bernama Luna 9 melakukan pendaratan pertama di bulan. Pesawat itu tak berawak. Pada bulan juli 1969 Neil Armstrong dari AS berhasil turun dari Apollo 11. Ia menjadi manusia pertama yang menginjakan kaki di bulan. 

Referensi : Ensiklopedi Populer Anak 
Penerbit : PT Ichtiar Baru Van Hoeve 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda