Minggu, 30 Mei 2010

Bumi



      Bumi merupakan urutan dari 9 planet yang mengitari matahari. Bumi memiliki oksigen di atmosfer dan air di lautan, dua hal yang sangat penting untuk kehidupan. Kurang dari sepertiga permukaan bumi adalah daratan, sisanya lautan. Bagian dalam bumi terdiri dari lapisan batuan, yang mengelilingi inti bumi. Inti ini terdiri dari besi dan nikel. Banyak orang mulai cemas akan polusi, ledakan penduduk, dan penyalahgunaan sumber daya alam yang bisa menghancurkan keseimbangan itu, akibatnya bumi tak aman lagi bagi makhluk hidup.

     Bumi terbentuk dari lapisan udara, air, besi, nikel, dan batuan. Di bagian tengah terdapat inti bumi yang terbentuk dari besi dan nikel. 

Kerak Bumi 
Lapisan batuan yang paling atas di permukaan bumi disebut kerak bumi. Dibawah benua, ketebalan kerak bumi mencapai 70 km, tetapi di bawah lautan hanya sekitar 6 km. suhu di bagian bawah kerak bumi mencapai sekitar 1.050°C.

Bumi di Angkasa 
Ketika melihat dari angkasa untuk pertama kalinya, para astronaut terpesona melihat keindahan planet biru tersebut. 

Mantel Bumi 
Di bawah kerak bumi terdapat lapisan batuan setebal sekitar 2.900 km. di bagian bawah lapisan magnet, suhu naik hingga 3.700°C, tapi batuannya tetap padat karena berada di bawah tekanan tinggi. 

Inti Luar
Inti bumi terdiri atas dua lapisan, yaitu inti dalam dan inti luar sekitar 2.000 km. lapisan ini terdiri dari besi cair. Suhunya hampir 2.200°C.

Inti Dalam 
Inti dalam yang terdapat di pusat bumi merupakan sebuah bola berdiameter 2.740 km. bola ini terdiri dari besi dan nikel padat. Suhunya mencapai sekitar 4.500°C.

Batuan Cair 
Bagian dalam bumi sangat panas karena proses radioaktif batuan di perut bumi. Suhunya begitu tinggi sehingga sebagian batuan meleleh dan kadang-kadang naik ke permukaan bumi. Lelehan yang keluar itu dinamai lahar. 

Referensi  : Ensiklopedi Populer Anak 
Penerbit   : PT Ichtiar Baru Van Hoeve 



0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda