Minggu, 30 Mei 2010

BUS


Kata bus berasal dari kata latin Omnibus yang artiya “untuk semua” . bus pertama muncul pada awal abad ke-19 ketika itu kota-kota berkembang dengan pesat selama Revolusi industri. Di negara-negara kaya bus semakin canggih. Banyak bus kota memiliki mesin tiket elektronik dan pintu-pintu yang buka-tutup secara otomatis. Beberapa bus memiliki komputer untuk menuntun bus sepanjang rutenya. Di negara-negara miskin, penumpang, berdesak-desakan dalam deretan gerbong-gerbong dan turk yang semuannya berfungsi seperti bus. 

Bus Kota 
Di kota-kota besar seperti Jakarta ada pula bus beritngkat dua. Sebab pada saat jalan-jalan sangat padat dan banyak penumpang

Bus Antar Kota 
Sebagian bus jarak jauh mempunyai tempat duduk yang nyaman, toilet, dan video

Bus Luar Kota 
Ada bus yang badanya panjang , sehingga bisa memuat penumpang dan barang. Beberapa bus luar kota dirancang menjadi bus gandeng seperti bus dan Irak ini, supaya bisa melewati tikungan tajam di pengunungan. 

Bus Sekolah 
Banyak anak naik bus pertma kali dengan menggunakan bus sekolah. Bus membawa mereka ke sekolah dan mengantarkan mereka pulang dengan aman. Dibandingkan dengan kendaraan jalan raya lainnya, bus mempunyai catatan keselamatan yang sangat baik 

Bus Desa 
Di negara-negara yang kurang maju industrinya, ada kalanya tidak terdapat rel kereta dan kebanyakan penduduknya tidak memiliki mobil. Karena itu, bus merupakan sati-satunya sarana untuk perpergian. Jalan-jalan penuh debu sementara bus dipadati oleh penumpang dan barang-barangnya, termasuk pula ayam, anjing, dan hewan lainnya.

Referensi  : Ensiklopedi Populer Anak 
Penerbit   : PT Ichtiar Baru Van Hoeve 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda