Selasa, 01 Juni 2010

Indonesia


Indonesia adalah negara kepulauan (13.700 pulau) di wilayah Asia Tenggara. secara geografis , indonesia terletak di antra dua benua (Asia dan Australia) serta dua lautan (Lautan Hindia dan Pasifik). Indonesia berbatasan dengan L. adaman, Singapura, L. Cina Selatan, Maysia, Filipina, dan Lautan Pasifik. 
UNTAIAN ZAMRUD KHATULISTIWA " julukan yang diberikan bagi indonesia untuk menggambarkan keindahan rangkaian kepulauannya yang berada di garis khatulistiwa. Bangsa Indonesia terdiri dari ratusan suku bangsa , dengan adat dan tradisi yang berbeda satu sama lain. Indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat besar, kekayaan alam yang melimpah, dan keanekaragaman budaya. Kini Indonesia sedang giat membangun, Pembangunan Indonesia bertumpu pada Triologi Pembangunan yaitu : pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya agar tercipta keadilan bagi seluruh rakyat , pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi , dan stabilitas nasional yang mantap. pembangunan bertujuan untuk mewujudkan cita-cita bangsa, yaitu mencapai masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. 

Bhineka Tunggal Ika 
Pada lambang , Garuda Pancasila , tertulis semboyan "Bhineka Tunggal Ika" yang artinya "berbeda-beda namun satu jua"/ semboyan ini termuat pertama kali dalam kitab Sutasoma karya Empu Tantular (pujagga Kerajaan Majapahit). semboyan ini penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. sebab bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk dalam kebudayaan, agama, maupun suku bangsa. dengan semboyan "Bhineka Tunggal Ika", bangsa Indonesia diingatkan akan pentingnya persatuan. 

Negara Indonesia termasuk negara yang terkenal dengan sebutan Negeri Bahari dan Negara Agraris maksudnya : 

Negara Bahari 
Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki laut yang sangat luas. karenannya , Indonesia dikenal sebagai "negeri bahari" sejak dahulu, pelaut Indonesia terkenal karena kebaranian untuk mengarungi lautan dengan menggunakan perahu layar. Laut Indonesia memiliki potensi hasil laut yang amat besar, seperti ikan , mutiara, dan rumput laut. keindahan taman laut Indonesia telah terkenal di mancanegara. semuanya itu merupakan kekayaan alam yang terbesar bagai manikam dii sepanjnag khatulistiwa. 

Negara Agraris 
Pertanian merupakan mata pencaharian terpenting bagi rakyat Indonesia, karenannya, Indonesia disebut negara Agraris. pemerintah terus berusaha meningkatkan hasil produksi pertanian, antara lain dengan membangun prasarana serta sarana irigasi dan membuka lahan sawah baru. 


Referensi : Ensiklopedi Populer Anak 
Penerbit  : PT Ichtiar Baru Van Hoeve 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda