Senin, 31 Mei 2010

HypnoBrithing Semasa Hamil


Hipnotis diri (self-hypnosis) dan penanaman sugesti adalah prinsip dasar HypnoBrithing, yang digunakan sebagai latihan selama masa kehamilan ibu. Petunjuk latihan relaksasi berikut  ini menggunakan metode Visualisasi. Jika anda merasa lebih nyaman mengunakan metode ini, lakukan langkah pada bagian afirmasi  (setelah mencapai kondisi rileks dengan metode yang anda pilih). 

Relaksasi HypnoBrithing 
1. Berbaringlah dengan posisi yang paling membuat anda nyaman. Lemaskan kelopak mata dan pejamkan. Jangan paksa mata anda untuk menutup, biarkan mata menutup dengan lemas. 
2. Mulailah bernapas dalam-dalam melalui hidung secara perlahan dan teratur. Tariklah napas ke perut hingga perut anda menggembung. Rasakan aliran oksigen ke seluruh tubuh yang menyegarkan anda.
3. Rasakan sekujur tubh anda, mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Lemaskan satu per satu ketegangan dan keletihan yang anda alami akibat kehamilan.Lemaskan mata, mulut, rahang,leher, pundak , dan biarkan lengan terkulai di sisi tubuh 
4. lemaskan rahang dan mulut anda sehingga benar-benar rileks. Ingatlah bahwa jika rahang dan ,mulut rileks berati vagina juga rileks. 
5. Istirahatkan pikiran anda . jangan pikirkan hal-hal yang membuat anda tidak senang, jangan pikirkan suara-suara lain yang ada di sekeliling anda. Berkosentrasilah     pada niat anda melakukan relaksasi HypnoBrithing. 
6. Setelah beberapa saat anda mencapai kondisi rileks, ucapkan niat anda dalam pikiran, misalnya “ aku hendak melatih diri untuk rileks saat ini dan seterusnya dalam hidupku sehingga proses persalinanku berjalan lancar” anda bisa mencoba mengucapkan niat lain sesuai kebutuhan atau keinginan 
7. Ciptakan tempat khusus yang paling nyaman untuk anda. Bayangkan bahwa di ruangan anda yang amat pribadi itu , anda duduk di sofa yang mempuk dan merasakan angin menerpa lembut wajah anda. 
8. Biarkan latihan relaksasi HypnoBrithing ini berlangsung selama anda inginkan. Bahkan, jika anda tertidur dalam proses ini, teruskan berulang secara otomatis di dalam pikiran selagi anda tertidur. 

Tujuan HypnoBrithing yaitu agar kita mampu meredakan emosi menjadi relaksasi , agar kita menjadi relaksasi, agar kita memancarkan aura positif ke lingkungan sekitar. Latihan relaksasi semasa hamil juga berguna agar kita dapat menerapkan metode relaksasi pada saat persalinan, karena makin kita terbiasa dengan kondisi rileks, makin mudah kita mencapai kondisi tersebut, sekalipun kita sedang berada dalam situasi genting. 

Referensi : Melahirkan Tanpa Rasa Sakit 
Penulis     : Evariny Andriana

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda