Kamis, 18 November 2010

Tugas Bahasa Indonesia 3

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)

1. Metode devinisi 

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) {bahasa medisnya disebut Dengue Hemorrhagic Fever (DHF)} adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus, yang mana menyebabkan gangguan pada pembuluh darah kapiler dan pada sistem pembekuan darah, sehingga mengakibatkan perdarahan-perdarahan.

2. Metode Sebab Akibat 

Penyebab dari demam berdarah dengue adalah nyamuk Aedes Aegepty dan dicurigai juga disebabkan oleh nyamuk Aedes Albotictus(nyamuk kebun).Akibat dari demam berdarah dengue, adalah dengue shock syndrome, yang akan mengakibatkan penderita meninggal dunia karena terjadi pendarahan karena bocornya pembuluh darah dan pembuluh darah yang mengempis sehingga proses peredaran darah terhenti.

3. Metode Proses 

Proses penyakit DBD ditularkan melalui vector yaitu nyamuk Aedes Agepty (“AA”).  Ciri khas nyamuk ini seperti yang kita sudah sering lihat adalah banyak bercak2 putih di tubuh dan kakinya.  Kemampuan terbang AA umumnya maksimum 2.5 m. AA menularkan DBD kepada manusia pada saat dia menusuk dan menghisap darah, AA mengeluarkan suatu jenis enzyme yang berfungsi untuk mengencerkan darah selama proses pemindahan dari tubuh manusia ke dalam perutnya, dan di dalam enzyme itulah terdapat virus DBD.

4. Metode Contoh 
Gejala yang di timbulkan bagi penderita Penyakit DBD  antara lain : 
1.Demam tinggi yang mendadak 2-7 hari (38 - 40 derajat Celsius).
2. Adanya bentuk perdarahan dikelopak mata bagian dalam (konjungtiva), Mimisan (Epitaksis), Buang air besar dengan kotoran (Peaces) berupa lendir bercampur darah (Melena), dan lain-lainnya.
3. Pada pemeriksaan laboratorium (darah) hari ke 3 - 7 terjadi penurunan trombosit dibawah 100.000 /mm3 (Trombositopeni), terjadi peningkatan nilai Hematokrit diatas 20% dari nilai normal (Hemokonsentrasi).
4. Timbulnya beberapa gejala klinik yang menyertai seperti mual, muntah, penurunan nafsu makan (anoreksia), sakit perut, diare, menggigil, kejang dan sakit kepala.
5. Demam yang dirasakan penderita menyebabkan keluhan pegal/sakit pada persendian.
6.Munculnya bintik-bintik merah pada kulit akibat pecahnya pembuluh darah.

5 Metode Klasifikasi 

Penyakit DBD ditemukan didaerah tropis seperti Asia Tenggara, India, Brazil, Amerika termasuk di seluruh pelosok Indonesia, kecuali di tempat-tempat ketinggian lebih dari 1000 meter di atas permukaan air laut. berbadan kecil, warna hitam dengan bintik-bintik putih, Hidup di dalam dan di sekitar rumah, Bersarang dan bertelur di genangan air jernih di dalam dan di sekitar rumah bukan di got/comberan.Di dalam rumah : bak mandi, tampayan, vas bungan, tempat minum burung, perangkap semut dan lain-lain.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda