Minggu, 30 Mei 2010

Danau

Danau adalah perairan luas yang terbentuk di cekungan dan dikelilingi daratan. Airnya berasal dari sungaii, mata air, dan hujan. Danau juga dapat terbentuk di depresi yang timbul akibat gletser, atau di lubang batu kapur. Ada danau buatan, ada pula danau alam. Waduk termasuk danau buatan, yang dibuat dengan membangun bendungan di sebuah sungai. Laut yang terkurung daratan, seperti L. Kaspia, dan L. Mati, sebenarnya merupakan danau. Danau terbesar di dunia adalah L. Kaspia yang terbentang antara Eropa dan Asia. Luasnya 371.000kmĀ². hampir tiga kali pulau jawa. Danau kaya akan tumbuhan dan hewan, dan sering dikelilingi tanah subur. Danau air tawar menjadi sumber air untuk daerah sekitarnya. Danau juga merupakan arena rekreasi tempat berenang. Great Lakes adalah kumpulan air tawar terbesar di dunia. Danau tak dapat menjadi rawa jika endapan lumpur dan tumbuhan dibiarkan memenuhinya selama bertahun-tahun. 

Jenis-Jenis Danau 
Danau dapat terjadi di cekungan akibat gletser pada zaman es dan di lembah yang dibendung tumpukan bahan yang terbawa gletser. Danau juga dapat terbentuk di kawah gunung api atau di kawasan batu kapur. Danaun terakhir ini terjadi karena air menimbulkan banyak lubang di lapisan itu yang kemudian diisi air hujan.

- Danau Tawar
Air danau tawar tidak asin seperti air laut , karena danau ini tidak mati. Air keluar masuk terus-menerus lewat sungai. Kelompok danau air tawar terbesar di dunia adalah Great Lakes di antara Amerika Serikat dan Kanada. Danau Superior adalah yang terbesar di Great Lakes. 

- Danau Asin 
Ada danau yang tidak memiliki saluran keluar. Contohnya adalah Laut Mati antara Israel dan Yordania . danau ini sangat tinggi kadar garamnya. Airnya begitu asin, sehingga manusia dapat mengapung di atasnya. 

- Danau Gunung Api 
Di puncak G. Mazama Oregon (Amerika Serikat) terdapat Danau Crater, yang merupakan danau terdalam (589 m) di Amerika Serikat. Danau itu terbentuk di kawah sebuah gunung api. Airnya berasal dari air hujan. 

Mati Hidup Danau 
Danau bisa saja hilang . ada danau yang hilang muncul, tergantung pada naik-surutnya pasokan air. Danau bisa saja lama-lama dipenuhi tanah dan batuan yang hanyut daru hulunya. Saluran keluar dapat memperdalam danau, dapat pula memperdangkal danau.

1. Danau Muda
    Sebuah sungai memasuki suatu cekungan. Maka terbentuklah sebuah danau. Air danau itu kemudian keluar lagi lewat sebuah sungai. 

2. Penyusutan Danau
   Air sungai memasuki danau dengan mengangkut lumpur. Lumpur ini kemudian mengendap di dasar danau. Lama-lama di dasar danau terbentuk suatu lapisan    tanah. 

3. Danau Mati 
   Lapisan tanah di danau meluas terus. Lapisan itu kemudian dipenuhi tumbuhan dan menjadi daratan. Jika ini berlangsung terus, danau akhirnya lenyap. 

Referensi  : Ensiklopedi Populer Anak 
Penerbit   : PT Ichtiar Baru Van Hoeve 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda