Selasa, 01 Juni 2010

Jantung dan Darah

Jantung adalah pompa yang sangat kuat sehingga sel darah hanya butuh waktu sekitar 1 menit untuk mengelilingi seluruh tubuh dan kembali ke jantung. Darah mengelilingi tubuh melalui pembuluh darah, sambil membawa oksigen dan zat makanan. Darah juga mengangut hasil buangan beracun seperti karbon dioksida. Darah terdiri dari sel darah merah dan sel darah putih, keping darah (trombosit), dan cairan yang disebut plasma. satu tetes darah sebesar kepala peniti sebesar 5 juta sel. kira-kira satu kali tiap detik dinding otot jantung berkontraksi, mengeluarkan darah dari bagian kiri jantung ke pembuluh darah yang disebut Arteri. Arteri bercabang banyak hingga membentuk jaringan pembuluh darah kecil yang disebut kapiler. kapiler ini secara bertahap bergabung lagi membentuk vena, yang membawa lagi darah ke jantung, lalu ke paru-paru untuk mengambil oksigen. 

Bagian dalam Jantung 
Jantung memiliki empat ruang : dua serabi dan dua bilik yang terdapat di bawah serabi. darah dari vena mengalir ke serabi, lalu ke bilik. dinding bilik yang tebal dan berotot mendorong darah keluar dan masuk ke arteri. Jantung terdiri dari dua pompa yang bekerja berdampingan. Pompa kiri mengirim darah yang mengandung banyak oksigen ke seluruh tubuh. setelah melalui berbagai bagian tubuh, darah ini berkurang kandungan oksegennya dan kembali ke jantung melalui pompa darah kanan. pompa kanan mengirim darah ini ke paru-paru untuk mendapatkan oksigen segar, dan kemudian kembali melewati pompa kiti untuk dikirim ke seluruh tubuh lagi. 

Jantung Manusia 
Jantung dilindungi oleh tulang rusuk. jantung orang dewasa sebesar kepalan tangan. beratnya sekitar 300 g.

Arteri (Pembuluh Nadi)
Darah mencapai otot jantung melalui arteri jantung. kedua arteri jantung utama kira-kira sebesar sedotan minuman, arteri berdinding tebal dengan 3 lapisan : lapisan luar keras, lapisan tengah otot, dan lapisan halus. 

Kapiler 
Pembuluh kecil yang membawa darah di antara arteri kecil dan vena terkecil disebut Kapiler. kapiler-kapiler memungkinkan oksigen dan zat makanan melewati dinding-dindingnya ke seluruh sel tubuh. 

Vena (Pembuluh Balik)
Vena membawa darah kotor (darah berwarna biru yang hanya mengandung sedikit oksigen) kembali ke jantung dari bagian tubuh lain. Vena terbesar adalah vena kava, yang membawa darah kotor ke bagian kanan jantung untuk dipompakan ke paru-paru agar memperoleh oksigen. Vena lebih tipis, kurang elastis, dan kurang berotot dibandingkan dengan arteri. 

Sel Darah
Ada 3 jenis sel darah merah membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. sel darah putih melindungi tubuh dari penyakit dan memerangi infeksi. keping darah ( jenis terkecil dari sel darah) membantu membekukan darah. seluruh sel darah ini dihasilkan oleh sumsum tulang yang terdapat dalam tulang. 

Cara Darah Membeku 
Kalau kamu terluka dan darah keluar dari luka itu, keping darah bergabung membentuk jaringan serat. jaringan ini menahan sel-sel darah dan membentuk suatu gumpalan untuk menutupi luka. 

Detak Jantung 
Jantung orang dewasa rata-rata berdetak 60-70 kali tiap menit dan bisa meningkat sampai lebih dari 150 kali setelah bekerja keras. tiap detak jantung punya dua fase utama. fase saat otot jantung berkontraksi penuh dan memompakan darah keluar disebut sistole. fase saat jantung mengendur dan diisi lagi dengan darah disebut diastole. 


Referensi : Ensiklopedi Populer Anak 
Penerbit  : PT Ichtiar Baru Van Hoeve 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda