Selasa, 27 Desember 2011

BAGIAN UTAMA TESIS ATAU DISERTASI

Bagaian utama karya ilmiah terdiri atas beberapa bab. jumlah bab tidak dibakukan, namun disesuaikan dengan ruang lingkup penelitian penulis. bagian utama umumnya terdiri atas :

1. Pendahuluan
2. Tinjaun pustaka/Kerangka dasar teoritik/kerangka fisik
3. Kerangka konsep
4. Metode penelitian
5. Hasil dan pembahasan
6. Kesimpulan dan saran
7. Daftar pustaka

Rangkaian kata untuk menyampaikan informasi yang disajikan di dalam suatu karya ilmiah hendaknya teliti, singkat, padat, jelas, tajam, dan relevan serta konsisten. di dalam perkembangannya penulisan bagian utama tesis atau desertasi terdapat dua model dasar asumsi filosofis, yaitu :
- Positivist ( para digm )
- Non-Positivist
misalnya : interpretivist paradigm, critical paradigm, dan postmodernist paradigm. oleh karena itu, adanya perbedaan asumsi ini akan berimplikasi terhadap penulisan bagian utama tesis atau disertasi tersebut. konsep atau kerangka pikiran biasanya mengarah ke hipotesis dan dapat disusun berupa narasi atau diagram alur. Hipotesis adalah pernyataan atau pustaka atau jawaban sementara (berdasarkan hasil penelitian atau pustaka sebelumnya) atas pernyataan dalam masalah penelitian, yang akan diuji dengan data empirik melalui penelitian. definisi operasional dan pengukuran peubah adalah penjelasan operasionalisasi semua peubah yang dimasukkan dalam hipotesis.

METODE PENELITIAN

Metode penelitian merupakan bagian penjelasan bagaimana penelitian akan dilakukan oleh peneliti. sistematika dan substansi metode penelitian bidang ilmu-ilmu sosial cukup beragam. hal ini terjadi karena adanya perbedaan pendekatan penelitian yang digunakan, yaitu antara penelitian positivist dan non-positivist. untuk dapat mengakomodir kedua pendekatan penelitian tersebut, sistematika metode penelitian yang lazim digunakan di bidang ilmu-ilmu sosial mencangkup sebagai berikut :
a. Pendekatan Penelitian
b. Tempat dan waktu Penelitian
c. Metode Pengambilan Sampel
d. Metode Pengumpulan Data
e. Fokus dan Penelitian
f. Definisi dan Pengukuran Peubah
g. Analisis Data



sumber    : Buku Pedoman Tesis dan Disertasi
karangan : Prof.Dr.Bambang Subroto,SE.,MM.,AK

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda