Rabu, 28 Desember 2011

Pengajaran di Bidang Robotika

Kemajuan di bidang jaringan komputer dan internet pada akhirnya melahirkan ide-ide seperti web-based robotic, network-based robot. perkembangan penelitian pesawat tanpa awak baik untuk mesin perang maupun untuk ekplorasi angkasa luar telah melahirkan berbagai disiplin silang yang baru. bidang astronomi mau tak mau harus berkolaborasi dengan ilmu robotik untuk menciptakan perangkat-perangkat penelitian yang modern. bidang kelautan dengan proyek penelitian kendaraan bawah air (underwater vehicle) tanpa awak bisa lebih bersifat robotik dari pada ilmu perkapalan.

Mengawali belajar dan meneliti bidang robotik melalui robot manipulator adalah pilihan terbaik sebagai prosedur saintifik, namun seiring dengan kualitas dan kuantitas materi makin mendalam dan banyak akhirnya dijumpai berbagai improvisasi dalam teknik dan teknologi pengajaran untuk meraih efektifitas dalam penyampaian dan pembangkitan minat di kalangan mahasiswa.

Menurut buku karangan Braunl (2003) ia mempunyai anggapan bahwa tugas robot adalah perkara sangat bersifat praktis, real-word hardware, dan dapat dirasakan langsung, dan seringkali realitas dalam disain robot tidak memerlukan analisa matematik secara sempurna sperti dalam simulasi komputer.


Sumber : Robotika disain, kontrol, dan kecerdasan buatan
penggarang : Endra Pito warno

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda