MULTIMEDIA
Java ME menyediakan Mobile Media API (JSR 135) yang memungkinkan kita untuk menampilkan video ataupun memutar audio di aplikasi yang kita buat. fitur-fitur yang disediakan oleh Mobile media API diantaranya :
1.Membuat nada-nada
2. Memainkan/streaming audio
3. Manampilkan dan mengambil foto
4. Memainkan/streaming video
5. Merekam audio dan video
API yang disediakan oleh java ME ini didisain supaya fleksibel dan tidak tergantung pada media format ataupun protokol, sehingga format apapun seharusnya dapat diputar (mp3,mp4, midi, mpeg, dll). dengan adanya kelas ini kita dapat membuat aplikasi yang dapat menampilkan video atau audio dari server, atau juga membuat aplikasi yang dapat mengambil foto dan kemudian mengirimnya ke server dengan menggunakan Generic Connection Framewrok, atau mengambil foto dan kemudian menyimpannya di dalam record store. kelas, interface dan perintah yang penting dalam mobile Media API adalah :
1. Kelas Datasource
Digunakan untuk menemukan sumber dari media yang ingin diputar, namun kelas abstrak ini tidak pernah kita gunakan secara langsung. kelas ini mempunyai beberapa perintah yaitu :
- Datasource()-perintah untuk membuat DataSource yang mempunyai 1 parameter yaitu :
1.Membuat nada-nada
2. Memainkan/streaming audio
3. Manampilkan dan mengambil foto
4. Memainkan/streaming video
5. Merekam audio dan video
API yang disediakan oleh java ME ini didisain supaya fleksibel dan tidak tergantung pada media format ataupun protokol, sehingga format apapun seharusnya dapat diputar (mp3,mp4, midi, mpeg, dll). dengan adanya kelas ini kita dapat membuat aplikasi yang dapat menampilkan video atau audio dari server, atau juga membuat aplikasi yang dapat mengambil foto dan kemudian mengirimnya ke server dengan menggunakan Generic Connection Framewrok, atau mengambil foto dan kemudian menyimpannya di dalam record store. kelas, interface dan perintah yang penting dalam mobile Media API adalah :
1. Kelas Datasource
Digunakan untuk menemukan sumber dari media yang ingin diputar, namun kelas abstrak ini tidak pernah kita gunakan secara langsung. kelas ini mempunyai beberapa perintah yaitu :
- Datasource()-perintah untuk membuat DataSource yang mempunyai 1 parameter yaitu :
- url (:String) - URL alamat dari datasource.
- connect() - perintah untuk membuat koneksi to DataSource
- start() - perintah untuk memulai transfer dari DataSource
- getStreams() - perintah untuk mendapatkan stream di DataSource
- stop() - perintah untuk menghentikan transfer
- disconnect() - perintah untuk memutus hubungan
2. Interface SourceStream
read() - perintah untuk membaca dari SourceStream yang mempunyai 3 parameter yaitu :
- byte (:byte[]) - array byte untuk disimpan
- start (:int) - indeks array untuk menyimpan byte pertama
- Len (:int) - jumlah maksimal byte yang disimpan
3. Kelas Manager
Kelas Manager adalah kelas utama membuat Kelas Player. Kelas ini mempunyai beberapa perintah yaitu :
- CreatePlayer() - membuat Kelas player
ada 3 jenis perintah createPlayer() yaitu :
1. CreatePlayer untuk membuat player dengan URL yang mempunyai 1 parameter yaitu :
url(:String) - url dari media yang ingin digunakan.
contoh :
createPlayer("capture://audio");-untuk merekan audio
createPlayer("capture://video");-untuk merekam video
createPlayer("http://www/sample.com/audio.wav");
untuk streaming audio dari web
2. CreatePlayer untuk membuat player dengan DataSource yang mempunyai 1 parameter yaitu :
- Source(:DataSource) - dataSource yang dibuat oleh kelas DataSource
3. CreatePlayer untuk membuat player dengan InputStream yang mempunyai 2 parameter yaitu :
- Stream (:InputStream) - stream dari data yang ingin digunakan
- Mime type (:String) - tipe mine dari stream
2. PlayTone() - memainkan nada sederhana
perintah ini mempunyai 3 parameter yaitu :
- note (:int) - nilai : 0 sampai 127
- duration (:int) - durasi dalam milisekon
- volume (:int) - nilai : 0 sampai 100
4. Interface Player
player mempunyai 5 keadaan yaitu :
1. Unrealized - keadaan awal ketika player baru dibuat
2. Realized - player telah mendapatkan lokasi dari data yang ingin digunakan
3. Prefetched - player memulai data transfer
4. Started - Player memulai menampilkan data
5. Closed - Player melepaskan data dan tidak dapat digunakan lagi
Player mempunyai 6 perintah untuk mengkontrol daur hidup dari player yaitu :
1. realized() - perintah untuk menjadikan player ke keadaan Realized
2.deallocate() - jika deallocate dipanggil sebelum Player di posisi Realized maka dealloced akan mengembalikan Player ke keadaan Unrealized, tetapi setelah Player berada di keadaan Realized perintah deallocate hanya dapat mengembalikan Player ke keadaan Realized
3. prefetch() - perintah untuk menjadikan Player ke keadaan Prefetched
4. start() - perintah untuk menjadikan Player ke keadaan Started
5. stop() - perintah untuk menghentikan Player sementara untuk menjadikan Player ke keadaan Prefetched
6. close() - perintah untuk menutup Player dan menjadikan Player ke keadaan Closed
sumber : Java Me membangun berbagai aplikasi handphone
penggarang : Johanes
- start() - perintah untuk memulai transfer dari DataSource
- getStreams() - perintah untuk mendapatkan stream di DataSource
- stop() - perintah untuk menghentikan transfer
- disconnect() - perintah untuk memutus hubungan
2. Interface SourceStream
read() - perintah untuk membaca dari SourceStream yang mempunyai 3 parameter yaitu :
- byte (:byte[]) - array byte untuk disimpan
- start (:int) - indeks array untuk menyimpan byte pertama
- Len (:int) - jumlah maksimal byte yang disimpan
3. Kelas Manager
Kelas Manager adalah kelas utama membuat Kelas Player. Kelas ini mempunyai beberapa perintah yaitu :
- CreatePlayer() - membuat Kelas player
ada 3 jenis perintah createPlayer() yaitu :
1. CreatePlayer untuk membuat player dengan URL yang mempunyai 1 parameter yaitu :
url(:String) - url dari media yang ingin digunakan.
contoh :
createPlayer("capture://audio");-untuk merekan audio
createPlayer("capture://video");-untuk merekam video
createPlayer("http://www/sample.com/audio.wav");
untuk streaming audio dari web
2. CreatePlayer untuk membuat player dengan DataSource yang mempunyai 1 parameter yaitu :
- Source(:DataSource) - dataSource yang dibuat oleh kelas DataSource
3. CreatePlayer untuk membuat player dengan InputStream yang mempunyai 2 parameter yaitu :
- Stream (:InputStream) - stream dari data yang ingin digunakan
- Mime type (:String) - tipe mine dari stream
2. PlayTone() - memainkan nada sederhana
perintah ini mempunyai 3 parameter yaitu :
- note (:int) - nilai : 0 sampai 127
- duration (:int) - durasi dalam milisekon
- volume (:int) - nilai : 0 sampai 100
4. Interface Player
player mempunyai 5 keadaan yaitu :
1. Unrealized - keadaan awal ketika player baru dibuat
2. Realized - player telah mendapatkan lokasi dari data yang ingin digunakan
3. Prefetched - player memulai data transfer
4. Started - Player memulai menampilkan data
5. Closed - Player melepaskan data dan tidak dapat digunakan lagi
Player mempunyai 6 perintah untuk mengkontrol daur hidup dari player yaitu :
1. realized() - perintah untuk menjadikan player ke keadaan Realized
2.deallocate() - jika deallocate dipanggil sebelum Player di posisi Realized maka dealloced akan mengembalikan Player ke keadaan Unrealized, tetapi setelah Player berada di keadaan Realized perintah deallocate hanya dapat mengembalikan Player ke keadaan Realized
3. prefetch() - perintah untuk menjadikan Player ke keadaan Prefetched
4. start() - perintah untuk menjadikan Player ke keadaan Started
5. stop() - perintah untuk menghentikan Player sementara untuk menjadikan Player ke keadaan Prefetched
6. close() - perintah untuk menutup Player dan menjadikan Player ke keadaan Closed
sumber : Java Me membangun berbagai aplikasi handphone
penggarang : Johanes
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda