Sabtu, 29 Mei 2010

Minuman-Minuman Haram


Alkohol
Istilah lain : Alcohol , liquor, spiritis, beer, wine, arak, anggur , miras
Arti : Minuman yang mengandung Ethyl-Alcohol
Definisi : Dalam minuman beralkohol disebut ethyl alcohol atau etanol. Kadar alcohol yang dihasilkan dari proses fermentasi tidak lebih dari 14%, karena sel fermentasi akan mati bila kadar alcohol melebihi 14% sementara alcohol yang disebut methyl alcohol adalah jenis alcohol yang sangat beracun.

Alcohol seringkali tidak dianggap sebagai salah satu bentuk minuman terlarang, karena banyak sekali dikonsumsi dengan tujuan-tujuan sosial di hampir seluruh bagian dunia. Namun biar bagaimanpun juga, alkohol merupakan salah satu jenis bahan adiktif jenis depresan, sedatif/hipnotik yang memiliki efek yang serupa dengan barbiturat. Penyalahgunaan alkohol dapat menjadi salah satu masalha sosial yang sangat serius karena biasannya anak, pelecahan dan kekerasan seksual, kecelakaan lalu lintas serta berakhir kepada berbagai macam jenis penyakit akut dan berbahaya.

Efek mengkonsumsi alkohol atau yang dikenal dengan istilah “mabuk” tidak tergantung kepada jenis minuman yang dikonsumsi namun kepada prosentase kandungan alkohol yang terdapat di dalam minuman tersebut.

Alkohol bekerja dengan cepat setelah dikonsumsi, dan diserap oleh aliran darah. Konsentarasi kadar alkohol dalam tubuh seseorang ditentukan oleh :
- Jumlah yang dikomsumsi pada suatu waktu tertentu
- Jenis kelamin, ukuran tubuh, dan metabolisme tubuh
- Jenis dan jumlah makanan yang berada di dalam lambung seseorang

Pada orang dewasa, rata-rata metabolisme pengkonsumsian alkohol adalah 8,5 gram alkohol per jam (setara dengan dua bir ukuran regular).
Efek yang didapatkan setelah mengkonsumsi alkohol tergantung pada beberapa faktor :
- Jumlah yang dikonsumsi
- Kebiasaan seseorang mengkonsumsi alkohol
- Cara pengkonsumsian
- Keadaan sekitar ketika alkohol dikonsumsi

Minum beralkohol dapat diproduksi dengan dua cara yaitu :
- Fermentasi dari buah-buahan atau campuran biji-bijian
- Distilasi dari buah atau biji-bijian yang sudah difermentasi

Pada kebanyakan minuman beralkohol kita tidak akan menemukan minuman yang mengandung alkohol murni karena alkohol murni bisa menyebabkan kematian. Pada beberapa jenis minuman, konsentrasi alkohol yang terkandung di dalamnya adalah sebagi berikut :
- Bir 4-6%
- Wine/Anggur 7-15%
- Champagne 8-14%
- Rum, Gin, Vodka, whiskey 40-95%

Alkohol meninggalkan tubuh dengan tiga cara :
- fungisi ginjal yang mengeliminasi 5% dari alkohol di dalam urin
- Paru-paru yang mengambil 5% dari alkohol
- Liver yang secara kimia menghancurkan sisa alkohol menjadi acetic acid

Rata-rata manusia dapat mengeliminasi 15 ml alkohol per jam.
Efek negatif yang diberikan oleh alkohol sesuai dengan konsentasi kandungannya :
- Euforia (0.03-0.12%)
Biasanya pengguna akan menjadi lebih percaya diri atau berani. Namun akan mengalami kesulitan untuk melakukan gerakan-gerakan detail seperti menulis atau membuat tanda tangan.
- Excitement (0.09-0.25%)
Menjadi mengantuk, bermasalah dengan ingatan atau pemahaman sesuatu. Gerakan tubuh tidak terkoordinasi dengan baik, dan seringkali kehilangan keseimbangan. Pandangan mata menjadi kabur, bermasalah dengan rasa, atau pendegaran.
- Bingung/confusion (0.18-0.30%)
Bermasalah dengan keberadaan temapt dan biasanya merasa pucing bermasalah dengan pembicaraan, sering meracau, dan agresif.


Referensi : Kamus Narkoba ( BNN )

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda