Jumat, 28 Mei 2010

NIKOTIN




Istilah lain : Nicotine
Arti : Stimulan susunan syaraf pusat selain dari nikotin, dalam daun tembakau terdapat ratusan jenis zat lainnya termasuk tar
Definisi : Suatu zat yang terkandung di dalam daun tembakau yang merupakan bahan dasar dari rokok atau sigaret

Nikotin yang terkadung dalam rokok juga mempunyai resiko menimbulkan ketergantungan. Rokok adalah salah satu hal pertama yang dicoba oleh sebagian besar remaja, bahkan anak-anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Faktor harga yang murah dan bisa didapatkan dengan mudah dimana saja, merupakan penyebab dikonsumsinya rokok oleh banyak orang.

Bila seseorang merokok, maka melalui asap rokok tersebut akan ikut terhisap hasil pembakaran berupa CO, Tar, N2O, dan amonia bersama dengan hampir 4000 senyawa jenis lainya. Sebatang rokok mengandung nikotin 1,5 – 2,5 mg. banyak perokok mengungkapkan bahwa dengan morokok maka konsentrasi akan meningkat dan kecepatan memproses informasi meningkat, demikian juga dengan daya ingat.

Namun demikian, dilain pihak ditemukan efek negatif dan berbahaya dari rokok karena nikotin akan memberikan efek yang sangat buruk pada jantung karena dapat memicu stroke dan penyakit jantung koroner dan meningkatkan kemungkinan timbulnya kanker terutama pada paru, mulut, faring dan laring.

Merokok sangat merugikan baik bagi perokok itu sendiri maupun bagi prokok pasif. Prokok pasif dewasa, walaupun tidak merokok biasanya akan mendapatkan iritasi mata, batuk, pusing kepala dan alergi. Sementara perokok pasif kanak-kanak akan memiliki resiko terserang bronkhitis, pneumonia, radang telinga dan memperburuk kondisi penyakit asma.

Referensi : sumber buku Kamus Narkoba

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda