Selasa, 01 Juni 2010

Candi





Candi adalah bangunan tua yang didirikan penganut Budhha atau Hindu sebagai tempat upaca keagamaan.ada pendapat bahwa idtilah "candi' Berasal dari "Candika", nama lain Dewi Durga, istri Dewa Syiwa. dalam hikayat yang beredar di Jawa dan Bali, Durga adalah pasetran (tempat jenazah). Bagi umat Buddha atau Hindu, candi merupakan bengunan suci. mulanya candi berfungsi sebagai mausoleum (temapat penyimpanan abu jenazah) raja dan ratu yang wafat. fungsi ini kemudian dikembangkan menjadi tempat sembahyang dan pemujaan para dewa dan raja yang telah wafat. namun kini bangunan candi banyak yang tidak utuh lagi. ada candi yang memang tidak selesai dibangun, ada pula yang rusak akibat bencana alam atau ulah manusia.  

Ciri Khas Candi 
candi memiliki ciri-ciri khas. pada candi biasannya terdapat tempat untuk meletakan peti atau bejana penyimpan abu jenazah. di atasnya diletakan patung raja atau ratu yang wafat yang disebut linggayoni. di dalam candi juga terdapat tempat meletakan tempat arca para dewa yang disembah oleh penguasa yang wafat tersebut. tempat ini disebut bayan candi. ciri khas lainnya adalah hiasan dinding candi berupa relif. melalui relif ini para pembuat candi menceritakan hal-hal tertentu. sampai saat ini, ada beberapa relif candi di Indonesia yang belum dapat ditafsirkan maknannya. 


Candi syiwa adalah candi induk dan candi terbesar dalam kompleks Candi Prambanan. Candi tertinggi ini merupakan replika Gunung Mahameru yang diyakini umat Hindu sebagai tempat bersemayam para dewa. 

Candi Prambanan 
Prambanan dianggap sebagai candi terindah di Indonesia selain juga merupakan candi Hindu terbesar di Jawa. kompleks candi Prambanan terdapat di desa Prambanan , Sleman , Yogyakarta. Candi Prambanan didirikan oleh Prabu Rakai Pikatan dari kerajaan Mataram Hindu para masa kemasannya sekitar abad ke-9. Candi Prambanan sering juga disebut Candi Loro Jonggrang yaitu, nama seorang putri dalam legenda Loro Jonggrang dan Bandung Bondowoso yang dianggap sebagai kisah latar belakang berdirinya Candi Prambanan. 

Candi Borobudur 
Candi terbesar di Indonesia adalah candi Borobudur. Candi Budhha Mahayana ini dibangun dari batu andesit tahun 850. Borobudur didirikan di atas bukit , untuk melambangkan Sang Budhha. kisah kehidupan dan ajaran budhha dipahat pada relif-relifnya. relif ini didasarkan pada beberapa kitap seperti Karmauibhangga, Jatakas, Gandauyuha, dan Bhadaracani. dibandingkan dengan arsitektur candi-candi lain, Borobudur tergolong unk karena tidak memiliki interior. 

Arca Ganesha adalah lambang kebijaksanaan dan penghapusan segala rintangan. arca ini berbentuk kepala gajah dan bertubuh manusia, gambaran putra dewa Hindu Syiwa dan Parwati (uma). arca ganesha ditemukan pada beberapa candi di Jawa dan Bali. 

Perbedaan Candi di Jawa
Candi di Jawa Tengah umumnya dibangun menghadap arah timur. Relif di dindingnya agak tebal dan tidak bersifat simbolik. atapnya dibangun secara bertingkat dan berbentuk stupa di puncaknya . bahan bangunannya adalah batu andesit. ciri-ciri ini tidak tampak di candi Jawa Timur. candi di kawasan ini menghadap ke arah barat. relifnya tidak tebal dan mengandung hal yang bersifat simbolik. bahan bagunannya adalah batu bata , seperti tampak pada canndi tikus. 

Referensi : Ensiklopedi Populer Anak 
Penerbit   : PT Ichtiar Baru Van Hoeve 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda