Selasa, 01 Juni 2010

Elektronika


Listrik adalah sumber tenaga penggerak mesin serta penghasil panas dan cahaya. listrik dipakai pula untuk menghasilkan sinyal, yang bisa berubah menjadi informasi, atau untuk mengendalikan peralatan. pemakaian listrik dengan cara ini disebut elektronika. ada ribuan mesin elektronis, termasuk komputer , telephon, dan televisi. pada senua mesin ini terdapat rangkaian arus listirk. pada rangkaian ini terdapat komponen-komponen kecil yang mengatur arus listrik itu agar menghasilkan sinyal. Misalnya, variasi kuat-lemahnya arus bisa mengeluarkan bunyi pada pesawat telephon atau angka pada komputer. komponen elektronis terpenting adalah transistor. 
 
Lempengan Rangkaian 
Elektronik seperti telphon memiliki sebuah rangkaian arus listrik yang terdiri atas beberapa komponen penggabung pada lempengan rangkaian elektronik. setiap rangkaian dirancang untuk fungsi tertentu. 

Transistor 
Transistor berfungsi sebagai jantung pada kebanyakan elektronik . ia bisa meningkatkan arus dalam rangkaian pengeras suara , menyimpan informasi dalam komputer , dan melaksanakan banyak pekerjaan lain. transistor ditemuka oleh ilmuan ahli fisika william shockley, John Barderes , dan walter Brattain tahun 1947. 

Referensi : Ensiklopedi Populer Anak 
Penerbit   : PT Ichtiar Baru Van Hoeve 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda