Selasa, 01 Juni 2010

Data Sheet Dadu Elektronik

IC NE555
PIN CONFIGURATION



IC NE555 yang mempunyai 8 pin (kaki) ini merupakan salah satu komponenelektronika yang cukup terkenal, sederhana, dan serba guna denganukurannya yang kurang dari 1/2 cm3 (sentimeter kubik). Padadasarnya Aplikasi utama IC NE555 ini digunakan sebagai Timer (Pewaktu) dengan operasi rangkaian monostable dan Pulse Generator (PembangkitPulsa) dengan operasi rangkaian astable. Selain itu, dapat juga digunakan sebagai Time Delay Generator dan Sequential Timing. Praktisnya, fungsi dan aplikasi IC NE555 ini banyak sekali digunakan diantaranya sebagai pengatur alarm, sebagai penggerak motor DC, bisa digabungkan dengan IC TTL (Transistor-transistor Logic) dan sebagai input jam digital untuk keperluan yang diinginkan ( kalau hanya untuk jam digital biasa, sudah banyak IC yang bisa langsung digunakan), bisa juga dimanfaatkan dalam rangkaian sakelar sentuh, dan jika digabungkan dengan infra merah ataupun ultrasonic, NE 555 ini bisa dijadikan sebagai pemancar atau remote control.Sedangkan untuk mengetahui cara kerja dan detail struktur fisik IC NE555 ini bisa dilihat dari rangkaian/komponen internalnya.


Pada diagram blok di atas, internal IC NE555 yang kecil ini terdiri dari: 2 buah komparator (Pembanding tegangan), 3 buah Resistor sebagai pembagi tengangan, 2 buah Transistor (dalam praktek dan analisis kerjanya, transistor yang terhubung pada pin 4 biasanya langsung dihubungkan ke Vcc), 1 buah Flip-flop S-R yang akan mengatur output pada keadaan logika tertentu, dan 1 buah inverter.


IC 7483





IC 7483 adalah rangkaian TTL dengan 4 buah penjumlah-penuh yang berarti bahwa rangkaian ini dapat menjumlahkan bilangan 4 bit Dua atau lebih penjumlah paralel dapat dihubungkan secara kaskade untuk membentuk rangkaian penjumlah bilangan-bilangan dengan bit yang lebih besar. Susunan dua buah IC 7483 tersebut dapat menjumlahkan bilangan 8 bit.


IC 7490

IC 7490 adalah IC pencacah, tiap pencacah taksinkron monolit ini mengandung empat guling-guling (Flip-Flop)induk-hamba dan tambahan penggerbang (gating) guna pencacah bagi dua dan sebuah pencacah biner tiga tingkat yang panjang daurnya adalah bagi lima. Untuk memanfaatkan panjang cacahan sepenuhnya (dekade, bagi duabelas, atau biner empat bit), pada pencacah ini, jalan masuk B dikoneksikan pada jalan keluar Qa. IC ini adalah sebuah decoder BCD-ke-dasan generasi kedua, dirancang khusus untuk menggerakkan tabung indikator katoda dingin. Decoder ini telah membuktikan suatu kemampuan yang lebih baik untuk meminimkan transisi pensklaran guna mempertahankan tampilan yang mantap.


IC 7447




IC 7447 terdiri dari 16 kaki. IC 7447 cocok dengan seven segment yang bertipe common anode.IC7447 adalah pola konverter BCD 7-segmen. Langkah ini merupakan bentuk lanjutan dari setup dimana kita memasuki pola manual untuk menampilkan karakter yang dikehendaki. Di sini, di kasus ini, IC7447 mengambil kode Biner Desimal (BCD) sebagai input dan output kode 7 segmen yang relevan.



Referensi  : Makalah Dadu Elektronik 
Penyusun  : Siti Noer Bayani 






1 Komentar:

Blogger Ghandik mengatakan...

like

29 Maret 2017 pukul 10.52  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda