Selasa, 27 Desember 2011

Protokol LAN

Protokol adalah peraturan yang dibuat agar komputer satu dengan yang lain dapat berhubungan dengan baik. Protokol yang dipakai untuk jaringan LAN adalah protokol Ethernet, token Ring, FDDI, dan ATM.

1. Protokol Ethernet merupak an protokol LAN yang paling banyak dipakai karena berkemapuan tinggi dengan biaya yang rendah. Kecepatan yang bisa capai dari 10 Mbps, Fast ethernet 100 Mbps dan Gigabit Ethernet 1000 Mbps. Protokol Ethernet mengunkan standard spesifikasi IEEE 802.3, bek erja berdasarkan brodcast network. Dimana setiap node (host) menerima setiap data yang dikirim oleh node lain.

2. Token Ring
Token Ring adalah panjang lingkaran token tidak boleh lebih dari 12 1,2 meter untuk kabel jenis UTP. Token Ring Diciptakan oleh perusahaan IBM menggunakan topologi ring. Kecepatan Token Ring bisa mencapai 4 Mbps dan 16 Mbp s (untuk saat ini tergolong lambat).
Dalam pengunaannya komputer yang dihubungkan ke jaringan token ring melalui suatu hub khusus untuk Token Ring yang disebut Multi -Station Access Unit (MSAU).
Token Ring menggunakan metode yang disebut Beaconing untuk mencari kesalahan jaringan.

3. FDDI
Fiber Distributed Data Interface (FDDI) yang di cip takan ANSI adalah protokol yang menggunakan topologi lingkaran fiber optik ganda yang disebut lingkaran primary dan lingkaran secondary.

Keuntungan penggunaan fiber optik :
· Bandwidth yang besar
· Tidak terganggu oleh sinyal listrik
· Memiliki kapasitas untuk pemakaian jarak jauh.

Hubungan dari server atau workstation kejaringa n FDDI melalui suatu peralatan jaringan yang disebut concentrator. Ada dua jenis concentrator, yaitu concentrator tunggal yang berhubungan dengan satu lingkaran FDDI, dan concentrator ganda yang berhubungan dengan kedua lingkaran FDDI.

4. ATM
Asynchronous Transfer Mode (ATM) adalah protokol yang di atur oleh badan internasional ITU -T yang menggunakan ukuran frame dengan panjang tetap sebesar 53
byte yang di sebut sel. ATM sangat cepat dan dapat memiliki bandwidth yang sangat besar menggunakan jalur transmisi cepat seperti SONET, DS -1, OC-3, OC-12, T3, FDDI 100 Mbps, Fiber Channel 155 MBps.


sumber : http://aboen.atekbl.com

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda