Rabu, 31 Maret 2010

Kesehatan


Bau Badan

Mengeluarkan keringat adalah hal yang wajar namun bagaimana bila keringat berlebihan dan mengakibatkan bau badan (BB) ?

Problem bau badan tentu sangat menganggu. Bila tidak segera diatasi problem yang satu ini bisa membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri . Menurut perempuan berusia 24 tahun, seiring bertambahnya aktivitas, keringat pun keluar lebih banyak ujunganya bau badan tak sedap pun muncul menyertai setiap keluarnya keringat.

Menurut ahli kulit dr. Hanny Nilasari SpKK megatakan bahwa sesungguhnya problematika kulit dan keringat , terutama keringat di sekitar ketiak merupakan masalah yang tidak dapat disepelekan. Kebersihan kulit di sekitar ketiak haruslah dijaga dengan baik dan seksama.

Manusia mempunyai 2-4 juta kelenjar. Adanya penguapan pada suhu normal menghasilkan jumlah keringat 2-20 nanoliter / menit / kelenjar. Dan bila suhu di luar tubuh sangat tinggi, maka akan terjadi pelebaran pembuluh darah pada banyak lokasi.

Tips
Efektif atasi Bau Badan

1.Mandilah 2 kali dalam sehari. Kenakan busana yang tidak terlalu ketat agar sirkulasi udara mengalir lebih baik. Sesudah berolah raga biasakan untuk mandi. Sebelumnya minumlah air mineral secukupnya dan sesudahnya lakukan pendinginan

2.Cukurlah bulu ketiak secara teratur. Untuk mencegah berkembang biaknya bakteri. Gunakan deodoran 12 jam setelah pencukuran , agar kulit tidak iritasi.

3.Gunakan deodoran atau anti perspirant setelah mandi pada lipatan – lipatan tubuh yang sering mengeluarkan keringat. Juga gunakan Deodoran pada kaki sebelum bersepatu. Sering seringlah melepas sepatu jika kaki berkeringat

4.Kurangi masakan yang memenuhi 4 sehat 5 sempurna dan jangan terlalu banyak memasak dengan rempah- rempah

5.Nutrisi yang tepat termasuk perbanyak mengkonsumsi air , nutrisi dan buah-buahan yang mengandung antioksidan. Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein, cokelat dan lemak. Bakteri sangat suka pada keringat yang mengandung lemak.

Siti noer bayani
referensi : Koran seputar Indonesia

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda