Jumat, 28 Mei 2010

AIDS


Istilah lain : Acquired Imuno Deficiency Syndrom ; SIDA

Arti : Penyakit mematikan yang diesebabkan oleh virus yang bernama HIV

Definisi : Sekumpulan gejala penyakit yang menyerang tubuh manusia setelah sistem kekebalannya dirusak oleh virus yang disebut HIV.

AIDS disebabkan oleh virus yang bernama HIV (Human Immunodeficiency Virus). Virus ini menyerang daya tahan alami tubuh manusia menyebabkan hilangnya kemampuan tubuh untuk melawan penyakit. Akhirnya virus tersebut mengakibatkan seseorang mudah mendapatkan penyakit serius dan dapat menyebabkan kematian dini. Virus tersebut berada di dalam tubuh untuk beberapa tahun tanpa menimbulkan gejala tetapi dapat menular kepada orang lain tanpa diketahuinya.

AIDS merupakan penyakit mematikan yang sampai sekarang belum ada vaksin pencegahhya, walaupun memang sudah ada standar penanganannya. Berbagai faktor yang mempengaruhi adalah kesehatan, fungsi kekebalan, layanan kesehatan, dan infeksi lain.

AIDS diperkirakan muncul di Afrika Sub-Sahara pada abad ke-20 dan sekarang telah menjadi wabah global.

AIDS bukanlah penyakit bawaan, namun merupakan penyakit menular, yang bisa ditularkan dengan berbagai cara, yaitu :

- Jalur seksual

- Jalur darah atau produk darah yang terutama mengancam pemakai narkoba

- Jalur ibu-anak, dengan penularan pada minggu-minggu terakhir kehamilan dan saat persalinan

Belakangan ini istilah AIDS banyak disamarkan menjadi SIDA yang merupakan kependekan darii istilah AIDS dalam bahasa Prancis Syndromme Immune Deficient Acquire. Banyak penderita AIDS yang memiliki rasa malu akibat penyakit yang dideritannya ini sehingga untuk menyamarkannya dipakailah istilah SIDA.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda