Rabu, 31 Maret 2010

Mencengah Penyakit Jantung


1. Berhenti merokok . Nikotin , karbon monoksida (CO), dan zat lainnya yang terkandung dalam rokok berpotensi menimbulkan kerusakan dinding pembuluh darah. Hal ini akan mempermudah kolesterol untuk melekat pada dinding pembuluh darah yang mengalami kerusakan sehingga membentuk plak.

2.Berolahraga secara teratur. Ketika melakukan aktivitas fisik, jantung akan berdenyut lebih cepat untuk meningkatkan jumlah darah yang kaya akan oksigen ke seluruh tubuh sehingga meningkatkan kadar HDL / kolestrol baik dan menurunkan LDL / kolestrol jahat.

3.Perbaikan diet. Membatasi konsumsi daging, ikan, atau unggas, maksimal 150 gram per hari. Tingkatkan asupan makanan tinggi serat, antara lain serat, sayuran, serta buah-buahan

4.Hindari stress yang berlebihan. Stress bisa menyebabkan peningkatan kadar hormone epinefrin yang mengakibatkan naiknya tekanan darah dan denyut jantung sehingga mempermudah kerusakan pada dinding pembuluh darah.

5. Hindari pola hidup tidak sehat. Pola hidup yang tidak sehat dapat memicu timbulnya penyakit diabetes, darah tinggi, kolestrol tinggi, serta obesitas, yang merupakan penyebab terjadinya penyakit jantung.

6.Secara teratur,gunakan benang gigi. Dengan benang gigi, dapat menghindari penyakit mulut dan mencegah radang arteri, yang membantu anda mengurangi sakit jantung.

Siti Noer Bayani
Referensi : Koran Seputar Indonesia

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda