Rabu, 31 Maret 2010

Mengatasi Nyeri saat Haid

Banyak kaum hawa mengeluh nyeri di perut saat haid. Kelulahan yang nyaris rutin dialami ini bervsariasi itensitasnya dan berdeda untuk setiap orang. Sabagian hanya merasakan nyeri ringan , tetapi sebagian lainnya merasakan nyeri sangat hebat , perut seperti diremas-remas, muntah-muntah , bahkan sampai demam dan sakit kepala.

Nyeri Haid kerap juga disebut dengan dismenorea, artinya rasa nyeri saat menstruasi. Penderitanya cukup banyak. Diperkirakan sekitar 50 persen lebih wanita usia subur mengalami gangguan ini. Walaupun tidak membahayakan, dismenorea dapat menggangu kualitas hidup penderitanya.
Sebenarnya nyeri yang dirasakan saat haid, tidak hanya trjadi pada perut bagian bawah saja. Beberapa remaja perempuan bahkan merasakannya pada punggung bagian bawah, pinggang, panggul otot paha atas, hingga betis.

Ada beberapa cara instan mengatasi nyeri saat haid, diantaranya :
1. Mengonsumsi obat pereda nyeri haid. Umumnya jenis obat ini mendukung analgesic (pereda nyeri) dan antipiretik (peredam demam)

2. Lakukan kompresan panas pada bagian yang terasa sakit. Suhu panas diketahui bisa meminimalkan ketegangan otot. Akibatnya setelah otot relaks , rasa nyeri pun akan berangsur hilang. Jika mungkin, cobalah berendam dalam air hangat yang diberi tetesan aromaterapi agar otot di seluruh tubuh menjadi relaks

3. Lakukan pijatan lembut pada bagian tubuh yang terasa pegal, sakit atau tegang

4. Hindari mengenakan pakaian yang ketat menjelang atau selama haid

Siti Noer Bayani
Referensi : Majalah Nyata

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda