Rabu, 02 Juni 2010

Kesehatan




Menjaga Kesehatan 
Makanan berperan penting dalam menjaga kesehatan. diet sehat meliputi buah-buahan serta sayuran segar, daging, ikan, roti, telur dan susu, tanpa terlalu banyak mengandung lemak, garam, dan gula. olahraga menjaga agar jantung tetap kuat dan mencengah kelebihan bobot badan. 

Kesehatan Masyarakat 
Kurangnya kebersihan menggangu kesehatan. selama tahun 1840-an, para pionir kesehatan masyarakat di eropa berupaya untuk memasyarakatkan pemakaian air bersih dan sistem pembuangan limbah yang baik. 

Kesehatan Jiwa
Kesehatan jiwa sama pentingnya dengan kesehatan raga. Ketegangan, penyalahgunaan obat, penyakit fisik, dan masalah keluarga, seperti perceraian, dapat merusak kesehatan jiwa, misalnya depresi. Dokter spesialis yang mengurusi masalah kesehatan jiwa disebut psikiater. sumber bantuan lainnya meliputi terapi obat, penyuluhan, dan kelompok swatolong. 

Pemeriksaan Kesehatan 
Melalui pemeriksaan medis yang rutin, dokter dapat mendeteksi penyakit pada stadium awal serta saat perawatan paling efektif. pemeriksaan juga dapat mendeteksi penyakit turunan,penyakit menular dari orangtua ke anak saat kelahiran. 

Imunisasi
Imunisasi disebut juga Vaksinasi atau inokulasi, yaitu memasukan vaksin ke tubuh dengan suntik, tetes, atau gores. Vaksin adalah bibit penyakit disosis kecil yang telah dilemaskan. Vaksinasi menyebabkan kebal terhadap penyakit seperti difteri, polio, tetanus, campak dan TBC. dengan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio, Indonesia diperkirakan bebas polio tahun 2000. 

Referensi : Ensiklopedi Populer Anak 
Penerbit  : PT Ichtiar Baru Van Hoeve 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda