Rabu, 02 Juni 2010

Batch Processing Method


Batch Processing Method merupakan metode pengolahan data yang banyak digunakan dan umum pada beberpa tahun yang lalu. Batch berarti pengumpulan data dalam periode yang tertentu. Batch Processing berati pengolahan terhadap data yang dikumpulkan terlebih dahulu selama beberapa periode. 
pengolahan data yang menggunakan kartu plong (punch card) merupakan contoh metode ini. data dikumpulkan dalam bentuk kartu plong. setiap periode tertentu. kumpulan data ini bersama-sama diolah untuk memutakhirkan (meng-update) file induk. walaupun sekarang sudah jarang yang menggunakan kartu plog, kebanyakan menggunakan CRT terminal, Batch Processing Method juga masih banyak digunakan pada CRT terminal.

Karena sifat pengolahan ini mengumpulkan data selama periode tertentu (dapat harian, mingguan ataupun bulanan). metode ini disebut juga dengan pengolahan periodik (periodic processing) atau pengolahan tertunda (delayed processing). periode waktu antara satu pengolahan tergantung dari beberapa faktor, yaitu volume dari transaksi, jumlah batch yang diinginkan dan kapasitas pengolahan yang tersedia. 

Referensi : Pengenalan Komputer 
Pengarang : Prof.Dr.Jogiyanto H.M, M.B.A., Akt

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda