Sabtu, 20 Februari 2010

Cinta yang Tak Pasti

Apakah aku sanggup untuk meneruskan perjalanan Cintaku ini

Jika Cinta Terlarang harus ada dalam catatan buku harian ku

Batin ini terasa tak sanggup untuk menahan semua ini


Aku tak ingin menyakiti dia yang telah mencintaiku 

Akankah aku harus meninggalkan orang-orang yang aku kasihi 

Berat rasanya hati ini untuk meninggalkan dirinya 


Aku bingung mau di bawa kemana hubungan ini

Jika keadaan terus seperti ini 

Ingin sekali ku berharap akan ada seseorang yang dapat 

Menggantikan posisiku di Hatinya

dan Cinta itu akan selamanya Abadi 

Tak Lekang oleh Waktu dan Bukan Cinta Terlarang 

Untitled

Kenanglah Cinta wahai Pujangga
Jangan biarkan Cinta ini rapuh dan retak 
Mengenanglah Cinta wahai Kasih 

Ku ingin pergi meninggalkan dirimu 
Tapi hati ini tak kuasa tuk Menahan Mu
Inginku berlari mengejar Cinta yang tak pasti 

Ku ingin kau pergi meninggalkanku
Bukan aku yang meninggalkan Mu
Ku harap di suatu saat nanti kau kan temui 
Cinta sejati Mu

Lepaskanlah aku
Relakanlah aku pergi 
Seperti ku meralakan Mu pergi untuk Kekasih yang lain 

Selasa, 16 Februari 2010

Materi Interaksi Manusia dan Komputer


Pengertian Interaksi
Komunikasi 2 arah antara manusia (user) dan sistem komputer.
Interaksi menjadi maksimal apabila kedua belah pihak mampu memberikan stimulan dan respon (aksi & reaksi) yang saling mendukung, jika salah satu tidak bisa, maka interaksi akan mengalami hambatan atau bahkan menuju pembiasan tujuan.


Definisi interaksi manusia dan komputer
Interaksi manusia dan komputer adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface). atau  Interaksi Manusia Komputer merupakan sekumpulan proses, dialog dan kegiatan dimana melaluinya pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer. Interaksi Manusia dan Komputer suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena di sekitar manusia itu sendiri. Juga merupakan suatu studi ilmiah tentang masyarakat di dalam lingkungan kerjanya.

Prinsip kerja komputer = input proses output
Kepada komputer diberikan data yang umumnya berupa deretan angka dan huruf. Kemudian diolah didalam komputer yang menjadi keluaran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia.

Tanpa disadari kita (manusia/user) telah berinteraksi atau berdialog dengan sebuah benda (layar monitor), yaitu dalam bentuk menekan tombol berupa tombol angka dan huruf yang ada pada keyboard atau melakukan satu sentuhan kecil pada mouse.
Yang kemudian hasil inputan ini akan berubah bentuk menjadi informasi atau data yang seperti diharapkan manusia dengan tertampilnya informasi baru tersebut pada layar monitor atau bahkan mesin pencetak (printer).


1.1 Sejarah Interaksi Manusia dan Komputer


Interaksi manusia dan komputer merupakan suatu disiplin ilmu yang mengkaji tentang komunikasi atau interaksi diantara pengguna dengan sistem.

Awal munculnya istilah interaksi manusia dan komputer

a. Tahun 1950-an

    Pertama kali diperkenalkan secara komersil.

b. Tahun 1970-an

Komputer pribadi(PC), maka berkembanglah penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru (pendidikan, perdagangan, perusahaan dll) dan muncul      isu teknik antarmuka pengguna (userinterface)

c. Pada tahun 1980an

   Pertengahan baru di perkenalkan istilah IMK

Model IMK :

1. Pengguna
2. Interaksi
3. Sistem

Tiga komponen ini saling berkaitan. Pengguna adalah bagian dari sistem yang memungkinkan berinteraksi dengan komputer, oleh sebab itu mengapa 3 komponen ini saling berkaitan.


1.2 Tujuan Utama Interaksi Manusia dan Komputer 

Interaksi manusia dan komputer pada dasarnya adalah untuk memudahkan manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensi (eficiency)

Dengan kata lain, bertujuan untuk membangun produk reliable;


- mudah dipelajari
- berkesan jika digunakan
- menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable)
- aman (safe),dan
- memberi kepuasan serta pengalaman yang menyenangkan

Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancang dapat mempunyai sifat yang akrab dan ramah dengan users. Namun untuk merancang sistem yang mudah digunakan users, para perancang harus memahami aspek-aspek psikologi yang dimiliki oleh users, karena setiap users mempunyai ciri-ciri khusus dan kebiasaan yang berbeda dalam menggunakan sebuah sistem komputer


1.3 Ruang Lingkup Interaksi Manusia Komputer 

MANUSIA

Manusia memiliki keterbatasan dalam memproses informasi dan hal ini mempunyai implikasi pada desain.

1. Informasi diterima dan direspon melalui sejumlah saluran input dan output
   - Saluran Visual (visual channel)
   - Saluran Pendengaran (auditory channel)
   - Saluran Peraba (haptic channel)
   - Pergerakan (movement)

2. Informasi disimpan pada memory
    - Memory Sensor
    - Memory Jangka Pendek
    - Memory Jangka Panjang

3. Informasi diproses dan diaplikasikan
    - Penalaran
    - Pemecahan masalah
    - Skill acquisition
    - Kesalahan

KOMPUTER



Sistem komputer terdiri dari berbagai macam elemen, yang masing-masing memiliki pengaruh terhadap user. Peralatan input untuk penggunaan secara interaktif memungkinkan user untuk memasukkan teks, menggambar, dan memilih obyek pada layar.


- Text entry : keyboard, speech, handwriting.
- Pointing    : secara umum adalah mouse.

Peralatan output untuk penggunaan secara interaktif secara umum adalah beberapa jenis layar serta output dengan suara.

Output dan input dalam bentuk kertas : paperless office dan less-paperless office.

Memory
- Memory jangka pendek : RAM
- Memory jangka panjang : magnetic dan optical disk
- Keterbatasan kapasitas penyimpanan dokumen dan video
- Metode akses yang membatasi dan membantu user

Proses
- Effek dari sistem yang berjalan cepat dan lambat
- Keterbatasan kecepatan pemrosesan
- Jaringan dan pengaruhnya terhadap kinerja sistem

INTERAKSI



Model interaksi membantu kita untuk memahami apa yang terjadi pada interaksi antar user dan sistem. Model mengakomodasi apa yang diinginkan user dan yang dilakukan sistem.

Ergonomi mencakup karakter fisik interaksi dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi efektifitas.

Dialog antar user dan sistem dipengaruhi oleh gaya interaksi.
Interaksi terjadi pada konteks sosial dan organisasi mempengaruhi user dan sistem.

-  Manusia dan komputer berinteraksi lewat masukan & keluaran melalui antarmuka
-  Fokus                         : perancangan dan evaluasi antarmuka pemakai (user interface).
-  Antarmuka pemakai : adalah bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia                                                 berinteraksi dengan komputer.

2.1 Antarmuka Manusia dan Komputer

     1. Antarmuka komputer hrs user friendly (ramah dengan pengguna) yaitu :
       - antarmuka yg bagus 
       - mudah dioperasikan 
       - mudah dipelajari 
       - pengguna merasa senang menggunakan software tsb.

    2. Antarmuka yang berkualitas tinggi yg dikagumi oleh orang-orang, beredar luas dan sering         ditiru

    3. Suatu antarmuka/interface yang dibuat seharusnya tidak hanya dapat dilihat, disentuh             atau didengar, tetapi juga mencakup konsep,kebutuhan user untuk mengetahui sistem             komputer, dan harus dibuat terintegrasi ke seluruh sistem. 

2.2 Bidang studi / ilmu yang berperan dalam interaksi manusia dan komputer yaitu 


1. Teknik elektronika & ilmu komputer
    memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI

2. Psikologi
   memahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik                  pengguna

3. Perancangan grafis dan tipografi
    sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai     sarana dialog cukup efektif antara manusia & komputer

4. Ergonomik
    berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal :     bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan             lampu, kebersihan tempat kerja

5. Antropologi
    ilmu pengetahuan tentang manusia, memberi suatu pandangan tentang cara kerja                     berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai             dengan bidangnya

6. Linguistik
    merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog                diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa          grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah

7. Sosiologi
    studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK       karena adanya otomasi kantor.
 


2.3 Keuntungan Manusia dapat berinteraksi dengan Komputer adalah :


    1. Menghemat waktu untuk mengerjakan pekerjaan perhitungan yang rumit seperti                     membuat laporan keuangan.

    2.  Menghemat tenaga, karena manusia mengendalikan komputer untuk                                       melakukan tugas yang berulang seperti menginput transaksi pemebelian, penjualan                   dll. Tanpa menulis hal yang selalu berulang dari setiap transaksi.


 2.4 Implementasi Interaksi Manusia dan Komputer :


     
1. Untuk kehidupan sehari-hari :kendali lalu lintas udara, reaktor nuklir dan pembangkit               listrik.
    2. Pemakaian industri dan komersial : perbankan, asuransi, pemesanan barang, pemesanan         hotel.
    3. Aplikasi hotel, rumah dan hiburan : video game, email, dan paket pendidikan.
    4. Eksplorasi, kreatif, dan kerjasama : web, pengambilan keputusan bisnis, dan ensiklopedi


Implementasi IMK dalam kehidupan sehari-hari :
Berikut ini adalah beberapa contoh implementasi IMK dalam kehidupan sehari-hari:


- Penggunaan Komputer
Tanpa disadari kita (manusia/user) telah berinteraksi/berdialog dengan sebuah benda (layar monitor), yaitu dalam bentuk menekan tombol berupa tombol angka dan huruf yang ada pada keyboard atau melakukan satu sentuhan kecil pada mouse, kemudian hasil inputan ini akan berubah bentuk menjadi informasi atau data yang seperti diharapkan manusia dengan tertampilnya informasi baru tersebut pada layar monitor atau bahkan mesin pencetak (printer).

-Penggunaan Automatic Teller Machine (ATM)


Pada ATM yang biasa kita gunakan juga merupakan sebuah Interaksi Manusia dan juga Komputer. Pada sebuah ATM kita dapat melihat sebuah sistem antarmuka (Interface), kita dapat melihat menu-menu yang tesedia pada layar ATM. Melakukan transfer, cek saldo, dsb.

-Penggunaan Laser Pada Operasi Medis


Pada bidang kedokteran IMK juga banyak berperan, seperti Sistem pakar, Operasi medis menggunakan bantuan laser,dsb. Mesin yang telah di desain (coding) sedemikian rupa akan di jalankan untuk melakukan operasi. Spesialis (dokter) melakukan penentuan koordinat pada bagian tubuh yang akan di lakukan operasi. Maka, input atau yang di lakukan Dokter ini akan di terima oleh Mesin, dan akan langsung segera di lakukan pembedahan


2.4 Unsur Interaksi Manusia dan Komputer


Unsur unsur Interaksi Manusia Komputer terdiri :
– Manusia ? bagaimana manusia menerima dan memproses perintah kedalam                            komputer
– Komputer ? teknologi komputer yang digunakan untuk menerima, memproses, dan                menghasilkan Output yang telah diprosesnya
– Interaksi di antara kedua elemen di atas

   Pengaruh akibat Interaksi Manusia dan Komputer dalam masa sekarang ini dapat dipandang    dari 2 Sudut, yaitu Sudut Kemanusiaan dan Sudut Sosial


REFRENSI

http://one.indoskripsi.com/node/1012
- http://pirtiynie.blogspot.com/2009/01/sejarah-interaksi-manusia-dan-komputer.html
http://jauari88.wordpress.com/2007/10/23/pengertian-interaksi-manusia-komputer/
- http://nshafitri-imk.blogspot.com/
- http://tugasqw.wordpress.com/2009/01/05/IMK/
http://nur-arianto.blogspot.com/2009/09/interaksi-manusia-komputer-imk.html
Surbakti, Irfan; Interaksi Manusia Dan Komputer, Edisi Jurusan Teknik Informatika-ITS,       2006
- scele.cs.ui.ac.id/s1/file.php/1/moddata/forum/1287/27353/HCI.ppt