Selasa, 27 Desember 2011

CARA KERJA WIFI

Proses bergabungnya client ke suatu jaringan Wireless LAN diawali dengan proses scanning. Proses scanning ada 2 jenis yaitu scanning secara pasif dan secara katif.

pada proes scanning pasif, acces point mengirim beacon dan client melakukan scanning karakteritik beacon. Client akan bergabung ke access point yang memiliki sinyal paling kuat diantara access point yang lainnya.

scanning secara aktif client akan mengirimkan probe permintaan kepada access point. Probe permintaan tersebut berisi SSID suatu kelompok jaringan wireless.

setelah melakukan scanning client akan menirim Extensible Authentication Protokol (EAP) sebagai titik awal ke acces point (AP). kemudian access point mengirimkan pesan berisi identitas access point ke EAP-request. EAP-respone dari client mengirimkan kembali paket dengan identitas client ke dalam Authentication Server. Authentication Server menjawab dengan memperbolehkan atau menolak client masuk dalam jaringan Wireless LAN. jika diperbolehkan, maka server akan mengirim kembali identitas dan ijin ke client jika client diberi hak atas penggunaan jaringan. client mendapatkan akses untuk menggunakan jaringan.

sumber : Politeknik Telkom

1 Komentar:

Blogger seno mengatakan...

Met kenal aja, ijin menyimak thx

11 Juli 2012 pukul 13.15  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda