Selasa, 27 Desember 2011

TEKNOlOGI WIRELESS

Teknologi wireless telah ada sejak dulu yang secara sederhana diimplementasikan di dunia militer. Kepopuleran dan level teknologi yang digunakan dalam wireless Lan bertumbuh dengan sangat pesat. Manufactur telah menciptakan a myriad of solutions untuk berbagai kebutuhan kita akan jaringan wireless. Kenyamanan, pupolaritas, penyediaan, dan harga dari perangkat keras wireless LAN menyediakan kita semua dengan banyak solusi yang berbeda. Dengan laju perkembangan teknologi wireless, manufaktur, dan perangkat keras yang sangat pesat, aturan dari organisasi seperti FCC, IEEE, WECA, dan WLANA akan menjadi semakin penting untuk pembersihan gangguan operasi antar solusi. Hukum-hukum tersebut ditetapkan oleh organisasi yang mengaturnya seperti FCC bersama-sama dengan organisasi pendukung lainnya seperti IEEE, WLANA, dan WECA yang akan menjadi tumpuan bagi industri wireless LAN dan menyediakan path yang umum bagi industri wireless LAN untuk bertumbuh dan berkembang.

Standar wireless LAN yang dikeluarkan oleh IEEE dibawah ini yaitu :

1. IEEE 802.11 :
Standar asli wireless LAN menetapkan tingkat perpindahan data yang paling lambat dalam teknologi transmisi light-based dan RF.
2. IEEE 802.11b :
Menggambarkan tentang beberapa transfer data yang lebih cepat dan lebih bersifat terbatas dalam lingkup teknologi transmisi.
3. IEEE 802.11a :
Gambaran tentang pengiriman data lebih cepat dibandingkan (tetapi kurang sesuai dengan) IEEE 802.11b, dan menggunakan 5 GHZ frekuensi band UNII.
4. IEEE 802.11g :
Syarat yang paling terbaru berdasar pada 802.11 standard yang menguraikan transfer data sama dengan cepatnya seperti IEEE 802.11a, dan sesuai dengan 802.11b yang memungkinkan untuk lebih murah.

Macam-Macam aplikasi Wireless LAN
1. Akses Role
Merupakan wireles lan yang menyebar dalam suatu lapisan akses digunakan sebagai suatu titik masukan ke dalam suatu kabel jaringan. digambarkan sebagai dial-up, ADSI, kabel/telegram, selular, Ethernet, Token Ring, Frame Relay, ATM, dan lain-lain

2. Perluasan Jaringan
Jaringan nirkabel dapat bertindak sebagai suatu perluasan dari suatu kabel jaringan. Wireless LAN dapat dengan mudah digunakan untuk menyediakan konektivitas dalam suatu gedung yang merupakan area yang jauh.

3. Menghubungkan Gedung Satu dengan yang lain
Memiliki 2 perbedaan bentuk dari konektivitas antar gedung, pertama Point-to-Point (PTP) dan kedua Point-to-Multipoint (PTMP). Point-to-Point adalah koneksi nirkabel hanya antar dua bangunan. koneksi PTP menggunakan semi-directional atau higly-directional antena pada masing-masing akhir dari link. Point-to-Multipoint (PTMP) adalah koneksi nirkabel tiga atau lebih dari beberapa gedung, bentuk penerapannya adalah "hub and spoke" atau star topologi, dimana salah satu gedung sebagai titik pusat dari jaringan (server).

4. Pengiriman Data Bermil-mil
5. Mobilitas
6. Small Office-Home Office
7. Mobile Offices

Sumber : ringkasan 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda