Selasa, 27 Desember 2011

MIDP USER INTERFACE

MIDP menyediakan kelas tersendiri yang didisain dan dioptimalkan khusus untuk perangkat selular, kelas ini terdiri dari 2 jenis API

1. High Level API

High Level Api menyediakan komponen user interface yang siap untuk langsung digunakan di aplikasi. contoh : List, textbox, dataField, dll. High Level API ini menjamin portabilitas antar berbagai jenis telepon seluler, sehingga biasanya komponen digunakan apabila aplikasi yang dibangun ingin di-instal di berbagai tipe perangkat selular.
Kelemahan dari high level API ini adalah programmer tidak diberi kebebasan untuk mengganti dan mengatur tampilan dari komponen-komponennya. sebagai contoh : programmer tidak bisa mengganti warna atau komponen yang sudah ada.

High Level API dibagi menjadi 2 kategori :

1. Screen (Form, TextBox, Alert, List)
komponen yang berfungsi sebagai layar untuk meletakan item-item didalamnya (StringItem, DataField, dll). hanya 1 screen yang dapat ditampilkan dalam 1 waktu

2. Item (StringItem, TextField, DateField, ChoiceGroup, ImageItem, dll)


2. Low Level API

Low level API digunakan apabila programmer menginginkan control penuh terhadap tampilan dari komponen-komponen yang ada. Programmer dapat mengatur posisi,warna dan juga bentuk dari komponen. namun portabilitas aplikasi diantara perangkat selular tidak dijamin apabila programmer menggunakan low level API. contoh low level API : canvas

komponen-komponen Low Level API
1. Command
merupakan objek yang memungkinkan aplikasi untuk menerima input dari pengguna. contoh : pengguna memilih untuk melakukan suatu operasi atau pengguna ingin berpindah ke layar selanjutnya. command mempunyai 3 parameter yaitu :
- Label (:string) - teks yang terlibat oleh pengguna
- CommandType (:int) - jenis dari command (BACK, CANCEL, EXIT, OK, SCREEN, STOP, ITEM).
- Priority (:int) - semakin kecil prioritas, semakin mudah command diakses oleh pengguna. jika ada banyak command dalam 1 layar karena keterbatasan dari ukuran perangkat selular maka command-command tersebut akan digabung dalam 1 list yang bernama Menu. Command yang mempunyai prioritas kecil akan berada di posisi atas list tersebut. selain itu dibutuhkan juga CommandListener yang berfungsi untuk menerima event dari Command.

2. TextBox
TextBox merupakan turunan dari kelas Screen yang memperbolehkan pengguna untuk memasukan dan merubah teks. TextBox mempunyai 4 parameter :
- Title (:String) - teks judul yang terlibat oleh pengguna
- Text (:String) - teks awal yang terlibat di dalam textbox
- Capacity (:int) - jumlah maksimal karakter yang dapat dimasukan
- Type (:int) - terdiri dari 2 jenis :
* Batasan (TextField.ANY/EMAILADDR/DECIMAL/PHONENUMBER/URL/NUMERIC)
* Modifier (TextField.PASSWORD/UNEDITABLE/SENSITIVE)

3. List dan ChoiceGroup
List merupakan turunan dari kelas screen, sedangkan ChoiceGroup merupakan turunan dari kelas item. List dan ChoiceGroup memperbolehkan pengguna untuk memilih 1 atau lebih pilihan dari daftar pilihan yang ditampilkan di layar. list/choicegroup mempunyai 4 parameter

1. Title (:String) - teks judul yang terlihat oleh pengguna
2. Type (:int) - tipe dari choice (list.EXCLUSIVE/IMPLICIT/MULTIPLE)
3. ChosenArray (:String[]) - Array yang berisi pilihan-pilihan yang ingin ditampilkan di List/ChoiceGroup
4. ImageArray (:Image[]) - Array gambar-gambar yang ingin ditampilkan di sebelah setiap pilihan

ada 3 jenis tipe choice
- Exclusive
- Multiple
- Implicit

4. Form
Form merupakan turunan dari kelas Screen, Form digunakan untuk meletakan item-item seperti StringItem, TextField, Image, ChoiceGroup, DataField, dll.

5. TextField
TextField merupakan turunan dari kelas item, sama seperti TextBox, TextField memperbolehkan pengguna untuk memasukan dan merubah teks. konstruktor TextField mempunyai parameter yang sama dengan TextBox

6. DateField
merupakan turunan dari kelas Item, DataField mempermudah pengguna untuk memasukan input berupa tanggal. Konstruktor DateField dapat mempunyai 2 atau 3 parameter.
- Title (:String) - judul dari DateField
- Type (:int) - (DateField.DATETIME/DATE/TIME)
- TimeZone (:TimeZone) - Zona waktu, parameter ini opsional

7. Ticker
Ticker merupakan teks yang akan berjalan secara terus menurus di dalam Screen. Ticker selalu berada pada posisi teratas di Screen.

8. Alert
Alert merupakan turunan dari kelas Screen. Alert berfungsi untuk menampilkan suatu pesan atau eror kepada pengguna. Alert dapat menampilkan teks ataupun gambar. ada 2 jenis Alert :
- Time-based
- Modal

Konstruktor Alert mempunyai 4 parameter :
1. Title (:String) - Judul dari Alert
2. Teks (:String) - Teks yang akan ditampilkan di layar
3. Image (:Image) - Gambar yang akan ditampilkan di layar
4. Type (:int) - AlertType.ALARM/CONFIRMATION/ERROR/INFO/WARNING

9. Canvas
Canvas merupakan low level API, yang memungkinkan pengguna untuk mengatur posisi, karakteristik dari tampilan. biasanya canvas digunakan dalam pemograman game karena adanya kebutuhan untuk mengatur warna dan posisi dari komponen.

sumber : Java Me membangun berbagai aplikasi handphone
penggarang : Johanes

1 Komentar:

Blogger supertirtana mengatakan...

Ada lain lagi gak

11 Februari 2016 pukul 08.26  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda